Banjir Terjang Kota Bangkinang Kampar Usai Diguyur Hujan Lebat

oleh -
Tim BPBD Kampar Meninjau Kondisi Banjir di Kecamatan Bangkinang. Sabtu (27/3/2021).

BERSERIPOS.COM, Kampar – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, mengakibatkan banjir di sejumlah titik di Kecamatan Bangkinang.

Banjir yang tersebar hampir di sebagian wilayah Bangkinang Kota itu terjadi setelah hujan lebat selama 3 Jam lebih.

Diperkirakan kondisi air setinggi lutut hingga pinggang orang dewasa.

Kondisi banjir diperparah lantaran saluran air di seputaran wilayah Bangkinang tidak berjalan dengan normal.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kampar Afrudin Amga membenarkan hal tersebut, ia mengatakan bahwa banjir yang melanda di wilayah Bangkinang kota terjadi hampir merata. Banjir itu mengakibatkan sejumlah rumah juga ikut terendam.

Menurutnya, intensitas hujan yang cukup lebat mengakibatkan saluran air di selokan meluap, sehingga air naik untuk mencari aliran lain untuk digenangi.

“Banjir hampir merata di Bangkinang. Semua berhubungan dengan parit. Karena hujan yang deras air naik,” ujar Amga saat dikonfirmasi Berseripos.com, Sabtu 27 Maret 2021.

Dirinya mengatakan, dengan intensitas hujan yang cukup tinggi, ia sudah mengintruksikan kepada anggotanya untuk turun memonitor langsung kondisi lapangan. Hal itu bertujuan agar dapat terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

“Anggota sudah turun habis Subuh tadi untuk memonitor kondisi lapangan,” ulasnya.

Amga juga tak menampik hingga saat ini bantuan berupa sembako belum ada di distribusikan oleh Pemda, saat ini pihaknya masih berupaya untuk melakukan control terhadap warga yang terdampak banjir.

“Untuk bantuan Pemda belum ada. Saat ini kami masih melakukan evakuasi, namun hingga saat ini juga warga masih ingin bertahan di rumah mereka masing-masing,” pungkasnya.** (Yudha)





Comment