Akibat Cuaca Ekstrem di Padang, Puluhan Pohon Tumbang Timpa Rumah Warga Hingga Rusak Kabel Listrik

oleh -
Pohon tumbang di Kecamatan Lubuk Begalung, Padang. (foto: Pusdalops Kota Padang)

BERSERIPOS.COM – Cuaca ektrem yang terjadi sejak beberapa hari belakangan mengakibatkan tumbangnya sejumlah pohon di Kota Padang, Sumatra Barat (Sumbar). Batang pohon yang tumbang ini menimpa rumah warga dan menghambat akses hingga putusnya aliran listrik.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Sutan Hendra mengatakan, cuaca ekstrem tersebut telah terjadi sejak lima hari belakangan.

“Cuaca ekstrem sejak lima hari belakangan, total pohon tumbang sampai sekarang ada sekitar 50 lebih,” kata Sutan dihubungi, Minggu (4/4/2021).

Ia mengungkapkan sebagian material pohon tumbang telah dilakukan pembersihan. Namun pihaknya masih melakukan penanganan pembersihan material di beberapa titik lokasi.

“Untuk saat ini hingga siang masih ada penanganan pembersihan material di 17 titik lokasi. Tim bekerja malam, pagi hingga siang hari,” ujarnya.

Selain menimpa rumah, kabel listrik hingga kendaraan, pohon tumbang juga berdampak jatuhnya korban jiwa. Satu orang dilaporkan meninggal dunia di Kelurahan Teluk Kabung Selatan, Kota Padang akibat tertimpa pohon tumbang.

Sutan memastikan tidak ada fasilitas umum yang terdampak rusak akibat pohon tumbang. Mayoritas yang terdampak hanya rumah warga. Begitupun kabel listrik yang kena juga berimbas putusnya aliran listrik.

“Iya pasti putus aliran listrik karena pohon tumbang banyak menimpa kabel. Pasti PLN memutuskan aliran listrik sementara,” tuturnya.

 

Sumber: langgam.id





Comment