Vaksinasi Tahap II Kembali Digelar di Lapas Bangkinang, Sutarno: Untuk Napi Kita Sudah Bersurat ke Dinkes Kampar

oleh -
Foto: Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno,Bc, IP,SH,MH Jalani Vakninasi.

BERSERIPOS.COM, Kampar – Setelah menjalani vaksinasi Coronavirus Disease tahap satu 14 hari yang lalu, Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas lIA Bangkinang kembali menjadwalkan vaksinasi tahap dua untuk seluruh pegawai Lapas Bangkinang di aula setempat, Senin (5/4/2021).

Vaksinasi massal terhadap jajaran pegawai Lapas itu dilakukan setelah seluruhnya menjalani screening yang dilakukan petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

“Sesuai dengan anjuran, vaksinasi tahap dua ini kita lakukan setelah sebelumnya seluruh jajaran Pegawai Lapas menjalani vaksinasi tahap satu pada Senin (22/3/2021) yang lalu,” ujar Kalapas Kelas II Bangkinang, Sutarno, usai menjalani Vaksinasi, Senin 5 April 2021.

Menurut Sutarno, penyuntikan vaksin tahap II ini dilakukan bertujuan untuk memberikan kesempatan imun tubuh agar memproduksi lebih banyak antibodi dan memberi tubuh pasokan sel memori yang kuat terhadap suatu virus tertentu setelah terpapar. Sehingga diharapkan Pegawai yang sudah mengikuti vaksin, kesehatannya dan kekebalan imun tubuhnya menjadi kuat dan tidak mudah kembali terpapar virus.

“Vaksinasi ini juga salah satu cara mencegah penyebaran virus covid-19 khususnya di lingkungan Lapas Bangkinang, agar terhindar dari virus yang mewabah saat ini,” jelasnya.

Sutarno juga tak menampik ada sejumlah pegawainya yang tidak dapat divaksin hari ini, namun penyuntikan tetap akan dilakukan pada esok harinya.

“Total pegawai ada 92 orang yang dijadwalkn hari ini, namun setelah menjalani pemeriksaan (screening) oleh tim medis ada sejumlah pegawai yang tidak lolos dan akan dijadwalkan kembali besok harinya,” paparnya.

Ia juga membeberkan bahwa pihaknya juga telah mendaftarkan vaksinasi terhadap seluruh narapidana yang berada di Lapas Kelas IIA Bangkinang. Hal itu agar seluruh napi dapat steril dari virus covid-19.

“Untuk vaksinasi narapidana kita sudah bersurat ke Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar, kita masih manunggu petunjuk dari yang bersangkutan,” jelas Sutarno.** (Yudha)





Comment