Puluhan Tahanan Kembali Jalani Rapid Test di Kejaksaan

oleh -
Tim Medis Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar Melakukan Rapid Test terhadap Tahanan di Kejaksaan Negeri Kampar.

BERSERIPOS.COM, Kampar – Kejaksaan Negeri Kampar kembali melakukan rapid test Covid-19 terhadap tahanan yang akan dipindahkan dari Rutan Polres Kampar ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang.

“Hari ini kita melakukan pemindahan Terdakwa dan Narapidana yang selama ini dititipkan di rumah tahanan Polres Kampar untuk dipindahkan ke Lapas Kelas IIA Bangkinang. Mereka semua berjumlah 20 orang. Ke 20 tahanan itu wajib menjalani rapid test terlebih dahulu di Kejaksaan Negeri Kampar,” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Arif Budiman, melalui Kepala Seksi Pidana Umum, Sabar Gunawan pada Berseripos.com di ruangan kerjanya, Rabu 14 April 2021.

Sabar mengungkapkan bahwa dari 20 tahanan yang telah dilimpahkan ada yang masih berstatus dalam tahap persidangan dan sebagiannya lagi merupakan tahanan yang sudah Inkracht atau putusan berkekuatan Hukum Tetap.

“Perkara 20 tahanan yang dirapid test hari ini bervariasi, ada yang perkara narkoba, pencurian, dan lain – lain. Kesemua tahanan tersebut akan kita pindahkan ke Lapas Kelas IIA Bangkinang,” jelasnya

Ia juga mengatakan dari 20 tahanan yang diserahkan untuk menjalani rapid test, ada 2 orang tahanan yang perkaranya langsung ditangani oleh pihak Polda Riau, sehingga proses penanganannya melalui Kejati Riau dan diserahan ke Kejaksaan Negeri Kampar.

“Ada tahanan dari Kejati, kedua tahanan itu perkaranya sama-sama narkoba,” ulas Sabar.

Terkait dengan rapid test itu, Sabar menuturkan bahwa pemindahan tahan dari Polres Kampar ke Lapas Kelas IIA Bangkinang merupakan salahsatu syarat yang harus dilakukan oleh pihak Kejaksaan, hal itu bertujuan untuk mengetahui kondisi kesehatan para tahanan yang akan dipindahkan, sehingga rapid test sangat penting dilakukan.

“Kita dari pihak Kejaksaan memastikan para tahanan dalam kondisi sehat, apalagi saat ini dalam masa pandemi Covid-19, untuk itu kita pastikan kondisi mereka bebas dari Corona,” bebernya

Dari hasil Rapid Test tersebut, Imbuh Sabar, ke 20 tahanan itu dinyatakan negatif covid, Hal itu berdasarkan sampel dan pengamatan tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

“Semua hasil rapid test negatif Covid-19, segera akan kita pindahkan,” pungkasnya.** (Yudha)

Comment