Marak Balap Liar di Kampar, Ini Respon Kasat Lantas

oleh -

BERSERIPOS.COM, Kampar – Jajaran Kepolisian Polres Kampar menanggapi serius dengan adanya sejumlah aksi balap liar yang kerap dilakukan oleh sekelompok pemuda di beberapa tempat saat bulan Ramadhan.

Pihaknya saat ini masih gencar melakukan patroli setiap malam guna menekan angka kecelakaan lalulintas dan tindakan kriminal lainnya.

“Blue light patrol sudah kita laksanakan rutin setiap malam guna mencegah balap liar. Tidak terkecuali saat bulan ramadhan,” kata Kasat Lantas Polres Kampar, AKP Angga Wahyu Prihantoro saat dikonfirmasi berseripos.com, Senin 19 April 2021.

Menurut Angga, upaya upaya pencegahan terus dilakukan. Koordinasi dengan jajaran polsek juga sangat penting, apalagi, patroli ditempat – tempat yang rawan adanya balap liar hingga kini masih terus dilakukan.

Ia mengatakan patroli yang dilakukan sesuai petunjuk dan pengarahan dari Direktorat Lalulintas (Ditlantas).

“Sesuai Jukrah dari Ditlantas untuk satlantas polres dan unit lantas jajaran polsek agar rutin melaksanakan patroli ditempat rawan balap liar, hal itu dilakukan agar dapat menekan angka kecelakaan lalulintas dan aksi tindak kriminal lainnya,” bebernya.

Angga menjelaskan, selain dalam upaya menekan angka kecelakaan lalulintas dan aksi tindak kriminal, patroli juga bertujuan sebagai langkah preventif untuk mencegah aksi balap liar khususnya di Kabupaten Kampar.

“Patroli tersebut sebagai langkah preventif untuk mencegah aksi balap liar,” ulasnya.

Angga juga menegaskan, bila saat petugas patroli masih menemukan aksi balap liar, pihaknya tidak akan segan-segan akan mengambil tindakan sesuai dengan standar operasional prosedur, jika perlu menilang kendaraan yang digunakan untuk aksi balap liar.

“Jika masih kita temukan, personil Satlantas Kampar langsung mengamankan pelaku balap liar untuk diberi pengarahan. Lalu menilang kendaraan yang digunakan untuk aksi balap liar,” pungkasnya.** (Yudha)





Comment