Hari Bhakti Permasyarakatan, Sutarno: Sinergitas Dengan Aparat Penegak Hukum Mesti Ditingkatkan

oleh -
Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno Foto Bersama Dengan Sejumlah Pegawai dan Wargabinaan. (Berseripos.com)

BERSERIPOS.COM, Kampar – Hari Bhakti Pemasyarakatan yang jatuh setiap tanggal 27 April menjadi momentum yang sangat penting bagi Lembaga Permasyarakatan. Momentum itu merupakan sejarah yang mesti dikenang serta dapat dijadikan refleksi panjang dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam sistem pemasyarakatan.

Dalam rangka memperingati Hari Bhakti Permasyarakatan ke-57 tahun 2021 itu, Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Bangkinang menggelar sejumlah rangkaian kegiatan.

Kegiatan-kegiatan itu bertujuan untuk membangun kepercayaan publik bahwa Lapas Bangkinang juga peduli kepada masyarakat.

Kegiatan itu meliputi dari pemberian sembako kepada warga yang membutuhkan, menggelar razia insidentil di lingkungan Lapas, menggelar kegiatan kerohanian, mengadakan sejumlah pertandingan antar pegawai dan wargabinaan serta banyak lainnya.

Berbagai upaya dilakukan untuk membuktikan bahwa Lapas Kelas IIA Bangkinang tetap konsisten dalam menjalankan tugas dan fungsi dalam sistem pemasyarakatan.

Kepala Lapas Kelas II Bangkinang, Sutarno mengungkapkan bahwa momentum Hari Bhakti Permasyarakatan yang ke 57 ini dapat dijadikan suatu perubahan ke arah yang jauh lebih baik.

Menurutnya, perjalanan menuju perbaikan dibutuhkan intergritas yang tinggi, sikap yang melayani dan berdiri pada prinsip profesionalitas.

“Ini perjalanan menuju perbaikan. Kita harap kedepannya Permasyarakatan semakin maju ke arah yang lebih baik,” ujar Sutarno pada berseripos.com usai mengikuti upacara secara virtual, Selas 27 April 2021.

Ia mengatakan, dengan memperingati Hari Bhakti Permasyarakatan ini pihaknya juga akan terus meningkatkan hubungan antar aparat penegak hukum sehingga sinergitas tetap terjaga dan dapat ditingkatkan dari tahun sebelumnya.

“Kita dari Lapas Bangkinang perlu sinergitas dengan aparat penegak hukum, sebab kita harus melakukan deteksi dini dalam meningatkan keamanan dan ketertiban, agar dapat memberantas peredaran narkoba khususnya di lingkungan Lapas Bangkinang,” terangnya.

Untuk diketahui, dalam memperingati Hari Bhakti Permasyarakatan itu, pihak Lapas juga memberikan piagam penghargaan kepada sejumlah pegawai teladan dan berprestasi di lingkungan Lapas Bangkinang. Penghargaan diberikan bedasarkan dengan kriteria yang sudah ditentukan.

Tak sampai disitu, pihak Lapas Kelas IIA Bangkinang juga memberikan sejumlah hadiah kepada petugas serta wargabinaan yang meraih kemenangan dalam pertandingan olahraga yang diselenggarakan.

Hadiah yang diberikan itu berupa tropi, bingkisan, serta uang tunai yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

“Kemarin sempat mengadakan pertandingan Futsal, Bola Voly, Takraw, serta bidang Kerohanian. Semoga bermanfaat dan semoga Lapas Kelas IIA Bangkinang dapat menuju ke arah lebih baik lagi,” tandasnya.**

(YD)





Comment