Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bawaslu Kampar Tahun 2021

oleh -

BERSERIPOS.COM, Kampar – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kampar menggelar kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bawaslu Kampar Tahun 2021, Jumat (30/4/2021).

Kegiatan ini diadakan di Hotel Bangkinang Baru, Bangkinang Kota.

Helat ini dilakukan dalam rangka menyampaikan apa yang menjadi tugas Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu dalam mempersiapkan Pemilu yang akan berlangsung mendatang.

Hadir dalam acara tersebut Ketua KPU Kampar Maria Aribeni, Komisioner KPU Kampar Andi Putra, Serta Ketua Bawaslu Kampar, Syawir Abdullah.

Ketua KPU Kampar, Maria Aribeni yang hadir sebagai pemateri menuturkan dalam rangka menyukseskan pelaksanaan Pemilu yang akan datang KPU melakukan sejumlah upaya, salah satunya terkait pemutakhiran data.

Saat ini KPU tengah melaksanakan pemutakhiran data pemilih berkelanjutan tersebut.

Data yang di mutakhirkan yakni berpedoman pada data pemilih pada tahun 2019.

Pemutakhiran data ini dilakukan agar pada pelaksanaan Pemilu mendatang para pemilik hak suara terakomodir. Selain itu untuk juga memastikan adanya pemilih pemula dan juga memastikan pemilih yang masuk Kabupaten Kampar dan telah pindah bisa diperbarui.

Pemutakhiran data juga berlaku untuk masyarakat yang masuk TNI/Polri dan juga pensiun TNI/Polri.

“Kita juga melakukan ini untuk mengantisipasi isu berkembang terkait kesalahan data pemilih ataupun lainnya. Kita harap lewat perjumpaan ini ada didapat masukan terkait hal ini,” sebutnya.

Ia menuturkan dalam pemutakhiran data ini KPU memastikan para pemilik hak suara yang ada di Kampar.

Dirinya menuturkan untuk pemutakhiran data KPU Kampar berkordinasi dengan berbagai pihak dan instansi pemerintahan.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kampar, Syawir Abdullah mengatakan di Kabupaten Kampar pelaksanaan Pemilu dan Pilkada akan dijadwalkan pada tahun 2024 mendatang. Mengingat itu, dalam rangka menciptakan pelaksanaan Pemilu yang sukses dan berkeadilan, pemutakhiran data jadi salah satu yang diperlukan.

Menurutnya lewat helat ini pula, KPU bersama Bawaslu menjalin silaturahmi dan sosialisasi bahwa KPU Kampar sedang menjalankan tugas terkait pemutakhiran data berkelanjutan.

“Bawaslu sebagai pengawas ikut serta mensosialisasikan upaya pemutakhiran data ini,” ungkapnya.

Ia mengatakan diacara ini Bawaslu menghadirkan perwakilan media, mahasiswa dan pemuda Muhammadiyah.

“Lewat ini diharapkan sosialisasi tersampaikan ke publik. Diharapkan sosialisasi dapat disampaikan dan data pemilih dapat lebih akurat, sehingga menciptakan Pemilu berkualitas,” ungkapnya.

(IK)

Comment