Sidang Putusan, Hakim Vonis 5 Terdakwa Bom Molotov di Kampar Riau

oleh -
Jaksa Penuntut Umum Mengikuti Sidang Perkara Bom Molotov Secara Virtual.

BERSERIPOS.COM, Kampar – Pengadilan Negeri (PN) Bangkinang menggelar Sidang Putusan terhadap 5 orang terdakwa kasus bom molotov yang terjadi di Desa Bukit Kemuning, Kecamatan Tapung Hulu, Kampar, Riau, Rabu (19/5/2021).

Sidang itu digelar secara virtual dengan menghadirkan langsung 5 orang terdakwa yang berada di Lapas Kelas IIA Bangkinang dan JPU berada di Kantor Kejaksaan Negeri Kampar.

Dalam sidang itu, Ketua Majelis Hakim, Ersin memutuskan hukuman salah seorang terdakwa, Wismar dengan hukuman pidana 3 tahun 6 Bulan.

Putusan itu berbanding terbalik dengan tuntutan yang diberikan oleh Jaksa Penuntut Umum.

Sebelumnya Jaksa Penuntut Umum menuntut salah seorang terdakwa, Wismar dengan pasal 187 ayat (1) jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP, dengan ancaman pidana selama 4 tahun penjara.

Pasal itu diberikan lantaran terdakwa Wismar diduga sebagai otak Pelaku kasus pembakaran.

Tak sampai disitu, Majelis Hakim yang diketuai oleh Ersin juga memutuskan terhadap 4 orang terdakwa lainnya dengan hukuman pidana berbeda-beda.

Hakim berpendapat bahwa ke 5 orang terdakwa itu mempunyai peran yang berbeda-beda, sehingga mempunyai pertimbangan.

“Untuk terdakwa Wismar dijatuhi hukuman pidana 3 tahun 6 Bulan. Untuk saudara Surtimin dan sudara Kaliman 2 tahun 10 Bulan. Dan Indra Gunawan Dan Irwan Jaya, 2 Tahun 6 Bulan,” ujar Hakim Ersin dalam persidangan.

Menanggapi putusan yang diberikan oleh Hakim, Kasi Pidum Kejaksaan Negeri Kampar, Sabar Gunawan mengungkapkan bahwa pihaknya belum menerima putusan tersebut, ia menyatakan akan pikir-pikir.

“Kami menyatakan sikap pikir-pikir dulu dalam minggu ini,” kata Sabar dengan saat dikonfirmasi, Rabu 19 Mei 2021.**

(YD)

Comment