Mendadak Kamar Napi Digeledah Petugas Lapas Bangkinang, Ini Barang yang Ditemukan

oleh -

BERSERIPOS.COM, Kampar – Ratusan warga binaan dibuat terkejut dengan kedatangan tim Satuan Oprasional Kepatuhan Internal (Sat Ops Patnal) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang tadi malam, pasalnya hampir seluruh kamar tahanan digeledah untuk mencari barang barang terlarang di dalam Lapas Bangkinang.

“Kita malam ini melakukan razia insidentil, ini merupakan perintah langsung dari Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadiv Pas) Kementerian Hukum dan HAM Riau, ini sengaja kita lakukan secara mendadak,” ujar Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno melalui Kasi Bimbingan Narapidana dan Anak Didik, Ismadi, pada berseripos.com Senin malam 31 Mei 2021.

Ismadi mengatakan penggelahan kamar tahanan tersebut juga melibatakan pihak Kepolisian, TNI, Badan Narkotika (BNK) Kabupaten Kampar serta pihak Rumah Barang Sitaan Negera.

Penggeledahan dilakukan sebagai upaya membersihkan barang-barang terlarang di dalam Lapas Bangkinang, termasuk Narkoba.

Satu persatu blok hunian digeledah untuk membersihkan barang-barang terlarang di dalam Lapas Bangkinang, mulai dari tempat penyimpanan pakaian hingga kamar mandi para wargabinaan.

“Tadi kita melakukan razia di Blok A, B, C dan D. Pada saat dilakukan pengeledahan, narapidana diperintahkan untuk keluar lalu diperiksa secara bergiliran sebelum petugas melakukan penggeledahan diseluruh sudut ruangan,” beber Ismadi yang didampingi oleh Kepala Pengamanan Lapas ( Ka.KPLP) Kls IIA Bangkinang, Novindra Pajingjing serta Kepala Rubasan, Tri Joko Wiyono.

Dari hasil penggeledahan, pihaknya Lapas Bangkinang tidak menemukan narkoba ataupun sejenisnya, namun puluhan barang terlarang turut disita dalam razia insidentil yang digelar pada malam hari itu.

“Kita berhasil menemukan senjata tajam, kipas angin, kabel-kabel serta alat komunikasi berupa Handphone. Semua barang kami sita pada malam itu juga,” urainya.

Kasi Bimbingan Narapidana dan Anak, Ismadi yang didampingi oleh Kepala Pengamanan Lapas ( Ka.KPLP) Kls IIA Bangkinang, Novindra Pajingjing serta Kepala Rubasan, Tri Joko Wiyono.

Razia insidentil ini merupakan kegiatan rutinitas yang dilakukan tanpa dijadwalkan alias mendadak, hal itu bertujuan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan di dalam Lapas, termasuk peredaran narkoba.

Dengan dilakukannya Razia insidentil ini, sambung Ismadi, pihaknya dapat membersihkan para napi dari penyalahgunaan narkoba serta benda benda terlarang. Itu membuktikan komitmen pihak Lapas dalam membangun sinergitas antara pihak penegak hukum.

“Ini bertujuan untuk mendeteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban termasuk pemberantasan narkoba serta meningkatkan sinergitas antara pihak aparat penegak hukum,” ulasnya.

Menurutnya, pada razia kali ini jauh berbeda dengan razia yang dilakukan pada bulan lalu, sebab dari jumlah barang yang ditemukan jelas berkurang.

“Sudah mulai menurun dari razia sebelumnya,” terang Ismadi.

Ismadi juga menjelaskan razia insidentil masih akan tetap dilakukan secara rutin, namun ia tak bisa menjelaskan kapan jadwal sidak dilakukan lantaran bersifat sangat rahasia.

“Ini akan rutin kita laksakan, sebab ini metode yang sangat efektif untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” pungkasnya.**

(YD)

Comment