6 Pesawat Tempur F-16 Milik AS Latihan Bersama di Pekanbaru

oleh -

BERSERIPOS.COMPekanbaru – Enam unit pesawat tempur F-16 milik Amerika Serikat yang penerbangnya berasal dari United States Air Force (USAF) dijadwalkan pada Senin latihan bersama.

“Latihan bersama guna menjalin hubungan antara dua negara, yakni Indonesia dan Amerika Serikat,” kata Komandan Wing 6 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru Kolonel Pnb. Jajang Setiawan, dalam keterangannya di Pekanbaru, Senin.

Selain itu, Kolonel Pnb. Jajang Setiawan, latihan tersebut juga untuk meningkatkan pengalaman bersama para penerbang dari masing-masing negara

Jajang menjelaskan bahwa para penerbang dari United States Air Force (USAF) berpengalaman dalam berbagai operasi udara. Momen ini penting untuk belajar dan berbagi pengalaman antarpenerbang kedua negara tersebut.

Ia menegaskan bahwa latihan bersama ini tetap mengutamakan protokol kesehatan COVID-19.

“Penanganan protokol kesehatan sudah ketat sesuai dengan arahan gugus tugas pusat dan daerah. Kami sudah berkoordinasi dengan Dinkes Riau, mulai dari kedatangan pesawat tersebut hingga penerbangnya,” kata Jajang.

Semua penerbang, menurut dia, tetap melaksanakan PCR hingga karantina guna mengantisipasi penyebaran COVID-19.

Sebelumnya, dia mengatakan bahwa 6 unit pesawat tempur F-16 milik Amerika Serikat itu tiba di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin Pekanbaru pada Minggu (13/6) siang.

Ia menyebutkan keenam pesawat F-16 dari AS terbang dari Pangkalan Misawa, Jepang, langsung ke Pekanbaru dengan waktu tempuh 5 jam 30 menit.

“Mereka akan melaksanakan latihan Cope West Tahun 2021 dengan TNI AU, dalam hal ini langsung menggunakan pesawat Skadron 16 Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru dan Skadron 3 Lanud Iswahjudi totalnya sebanyak enam pesawat,” kata Jajang.**

 

Antaranews.com

Comment