Gudang Raja Sofa dan Satu Unit Rumah Terbakar di Kampar Riau

oleh -

BERSERIPOS.COM, Kampar – Kebakaran menghanguskan Gudang Raja Sofa dan satu unit rumah permanen di Perumahan Griya Mayang Asri Tahap 1 Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, pada Senin siang (14/06/2021).

Kebakaran diperkirakan terjadi sekitar pukul 11.30 WIB.

Kuat dugaan kebakaran itu terjadi karena meledaknya travo mesin las yang mengeluarkan percikan api, sehingga menyambar dan membakar bahan-bahan berupa busa serta kayu kerangka sofa.

Kobaran Api juga menjalar ke salah satu rumah yang berdekatan dengan gudang tersebut. Akibatnya, satu rumah juga ikut hangus terbakar.

Diketahui pemilik gudang tersebut ialah Raja Ernawilis (64), sementara pemilik rumah adalah Raja Junaidi (45). Keduanya tinggal di Perumahan Griya Mayang Asri tahap 1 Dusun 3 Desa Kubang Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Riau.

Kapolsek Siak Hulu, AKP Rusyandi Zuhri Siregar S.Sos, MH mengungkapkan bahwa dalam peristiwa kebakaran itu tidak ada korban jiwa, namun seorang pekerja mengalami luka bakar pada bagian tangannya.

“Seorang pekerja mengalami luka bakar pada bagian tangannya dan kini telah mendapat perawatan medis di rumah sakit. Sementara jumlah kerugian akibat kebakaran ini belum diketahui karena pemilik belum bisa dimintai keterangan,” kata Kapolsek dalam keterangan tertulis yang diterima Berseripos.com, Senin 14 Juni 2021.

Kapolsek juga menjelaskan kronologi terjadinya peristiwa itu. Ia mengatakan kejadian itu terjadi sekitar pukul 11.30 wib siang tadi, saat itu salah seorang pekerja Gudang Raja Sofa bernama Adi sedang mengelas untuk pembuatan tangga akses jalan ke lantai 2 Gudang, tiba-tiba travo las meledak dan mengeluarkan api lalu menyambar bahan-bahan pembuatan sofa berupa busa dan kayu kerangka sofa.

“Api dengan cepat membesar dan membakar barang-barang yang ada di gudang berupa mesin jahit, mesin kompresor, 1 unit sepeda motor dan alat-alat rumahtangga serta pakaian para pekerja. Selanjutnya api membakar bangunan gudang dan menjalar kedepan gudang, lalu membakar 1 unit rumah permanen yang berdampingan dengan gudang,” bebernya.

Para buruh yang bekerja juga sempat berusaha memadamkan kobaran api yang semakin membesar.

“Sempat meminta bantuan warga sekitar serta menghubungi petugas pemadam kebakaran Kota Pekanbaru. Sekitar 30 menit kemudian datang 4 unit mobil Damkar Kota Pekanbaru dan langsung melakukan pemadaman, sekira pukul 13.00 wib api berhasil dipadamkan dengan tuntas,” sebut Rusyandi Zuhri.

Rusyandi juga mengaku bahwa pihaknya juga turut serta melakukan pemadaman serta melakukan evakuasi di lokasi kebakaran.

“Setelah kebakaran kita lakukan juga penyelidikan dan olah TKP, namun untuk pemilik gudang dan rumah belum bisa dimintai keterangan lantaran masih trauma,” tukasnya.**





Comment