Portugal Telan Hungaria 3–0, Ronaldo Buat Rekor & Cetak 2 Gol

oleh -
Cristiano Ronaldo memiliki sejumlah fakta menarik jelang Portugal vs Hungaria. (Foto: REUTERS/SERGIO PEREZ)

BERSERIPOS.COM – Juara bertahan Portugal menghantam tuan rumah Hungaria dengan tiga gol pada menit-menit akhir—dua di antaranya dicetak Cristiano Ronaldo—di laga pembuka Grup F Piala Eropa (Euro) 2020 di Puskas Arena di Budapest, ibu kota Hungaria.

Dalam pertandingan yang berakhir pada Rabu (16/6/2021) dini hari WIB, kapten Timnas Portugal Cristiano Ronaldo mencatatkan sejarah sebagai pemain pertama yang bertarung di lima putaran final Piala Eropa.

Dia mencetak gol dari titik penalti pada menit ke-87 untuk menjadikan skor 0–2 untuk Portugal setelah 3 menit sebelumnya Raphael Guerreiro memecah kebuntuan dengan menjebol gawang tuan rumah yang dikawal kiper Peter Gulacsi.

Wasit Cuneyt Cakir dari Turki menetapkan penalti yang sukses dieksekusi Ronaldo setelah Rafa Silva dilanggar pemain Hungaria Willi Orban di kotak terlarang.

Ronaldo kembali nmencatatkan namanya di papan skor pada injury time untuk menjadikan Portugal menang mutlak tiga gol tanpa balas.

Hasil ini membuat kerja keras para pemain Hungaria bertahan dengan ketat di bawah tekanan Portugal hampir sepanjang pertandingan sia-sia dan mendekatkan mereka dengan prediksi bahwa Hungaria hanya akan finis di dasar klasemen Grup F.

Selain Portugal yang juara bertahan Euro dan juara Nations League Eropa, di Grup F ini terdapat juara empat kali Piala Dunia Jerman dan juara dua Piala Dunia Prancis termasuk edisi terakhir 2018 di Rusia.

Dengan komposisi sedemikian, Hungaria wajar saja diprediksi bakal ditelan bulat-bulat oleh tiga pesaingnya sehingga menjadi juru kunci Grup F.

Sebanyak 24 tim akan berebut juara. Ke-24 tim itu dibagi menjadi enam grup dengan setiap grup berisi empat kontestan. Dua tim teratas di klasemen akhir setiap grup langsung lolos ke fase knock out 16 besar, ditambah dengan empat tim peringkat ketiga terbaik.**

 

Source: UEFA.com

Comment