Distan Padang Siapkan Puluhan Petugas Paramedik Veteriner Untuk Periksa Hewan Kurban

oleh -

BERSERIPOS.COM – Jelang Idul Adha, puluhan petugas paramedik veteriner dari Dinas Pertanian Kota Padang bakal memeriksa hewan kurban. Petugas tersebut akan melakukan pemeriksaan kesehatan dan kelayakan hewan kurban.

“Dinas Pertanian Padang menyiagakan 50 lebih petugas paramedik veteriner untuk memantau dan mengecek kesehatan hewan kurban,” ujar Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Syahrial Kamat dikutip dari langgam.id, Senin (21/6/2021).

Ia menambahkan, bahwa petugas paramedik veteriner ini terdiri dari petugas penyuluh, petugas kesehatan hewan (keswan) serta petugas peternakan.

“Kita mengharapkan nantinya mereka mengetahui hewan-hewan yang sehat dan baik untuk dijadikan hewan kurban,” ucap Syahrial.

Syahrila mengatakan, para petugas ini juga akan diterjunkan saat penyembelihan hewan kurban nantinya. Mereka akan melihat dan memeriksa, apakah daging kurban itu layak dikonsumsi atau sebaliknya.

“Jika nantinya ditemukan tidak layak dikonsumsi, maka daging tersebut akan dibuang guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan nantinya,” tegas Syahrial.

Syahrial mengungkapkan, selain mengecek kesehatan hewan kurban, petugas paramedik veteriner ini juga melakukan sosialisasi kepada pengurus atau panitia kurban di masjid dan musala tentang pemilihan hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban.**

 

Langgam.id





Comment