Petugas Lapas Bangkinang Kembali Geledah Kamar Napi

oleh -

BERSERIPOS.COM, Kampar – Satuan Oprasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Bangkinang kembali menggelar razia insidentil di kamar warga binaannya pada Kamis malam, sekitar pukul 20.00 WIB. Kamis 8 Juli 2021.

Penggeledahan dilakukan demi mewujudkan komitmen bersama dalam upaya membersihkan barang-barang terlarang di dalam Lapas Bangkinang.

“Kita tau beberapa hari yang lalu telah dilaksanakan pers rilis terkait dengan adanya pengungkapan narkoba oleh Polda Riau, dan malam ini kita laksanakan razia gabungan dengan Rubasan Bangkinang,” ujar Kepala Lapas Kelas II A Bangkinang, Sutarno usai menggelar Razia, Kamis malam 8 Juli 2021.

Menurut Sutarno, penggeledahan dilakukan bertujuan untuk mengantisipasi serta mendeteksi dini terhadap gangguan keamanan dan ketertiban di lingkungan Lapas Bangkinang. Penggeledahan juga dilakukan secara acak agar warga binaan tidak mengetahui operasi dilaksanakan pada malam hari.

“Kita lakukan penggeledahan terhadap napi secara acak untuk beberapa blok dan kamar,” bebernya.

Selain untuk menargetkan pembersihan narkoba, pihak Lapas juga merazia barang-barang yang dianggap sebagai barang terlarang di dalam Lapas Bangkinang, seperti HP, senjata tajam dan barang terlarang lainnya.

“Bukan narkoba saja, tapi barang-barang yang dianggap berbahaya juga kita amankan jika ditemukan,” kata Sutarno.

Sedikitnya, pihaknya sendiri menurunkan sejumlah personil dalam operasi insidentil ini. Operasi tersebut juga langsung dipimpin oleh Kalapas Bangkinang yang didampingi oleh Ka KPLP, Novindra beserta jajaran pengamanan.

Dalam operasi itu, pihak satuan tim yang bertugas juga berhasil mengamankan sejumlah barang-barang dari setiap kamar warga binaan yang digeledah. Pihaknya bergerak cepat untuk mengamankan barang-barang tersebut.

“Kami temukan HP sebanyak 3 unit, Charger, gunting, serta barang terlarang lainnya, Sedangkan untuk narkoba nihil,” jelas Sutarno.

Sebelumnya, Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Riau, Maulidi Hilal melakukan sidak Rabu (7/7) sore kemarin di Lapas Kelas II A Bangkinang.

Inspeksi mendadak itu disebabka karena adanya informasi terkait indikasi peredaran narkoba di dalam Lapas dan rutan.

Pada sidak itu satu persatu kamar warga binaan juga diperiksa untuk memastikan barang terlarang tidak digunakan di sana, termasuk alat komunikasi.

Hilal mengungkapkan sebelumnya pihak Lapas Kelas IIA Bangkinang dan Lapas Kelas IIA Pekanbaru juga sudah memenuhi undangan dari pihak Polda Riau. Undangan itu berkaitan dengan pers rilis pengungkapan narkoba jenis sabu seberat 108 Kg.

“Tadi siang Kalapas Bangkinang dan Kalapas Pekanbaru bersama-sama telah hadir dalam undangan dari pak Kapolda Riau untuk pers rilis pengungkapan sabu,” kata Dia.

Dihadapan pewarta, Kepala Divisi Pemasyarakatan Maulidi Hilal juga memperlihatkan sejumlah barang bukti sitaan hasil dari penggeledahan hunian warga binaan.

Sejumlah barang-barang terlarang ditemukan pada sidak itu, namun tak ditemukan jenis narkotika.

“Ini merupakan bentuk komitmen Kakanwil Menkumham Riau memberantas peredaran narkoba dari Lapas dan Rutan,” kata Hilal.** (Yudha)





Comment