DLHK Pekanbaru Fokus Benahi TPA Muara Fajar, Targetkan Piala Adipura

oleh -

BERSERIPOS.COM, Pekanbaru – Upaya maksimal tengah dilakukan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru agar pola pembuangan akhir sampah terkoordinir dengan baik, Salah satunya dengan melakukan pembenahan secara terpadu di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Muara Fajar.

“Fokus pembuangan sampah semestinya terkoneksi dengan baik dari hulu menuju hilir. Kita upayakan pembenahan secara terpadu agar pembuangan sampah di hilir tidak lagi terkendala seperti sebelumnya, salah satunya fokus membenahi TPA di Muara Fajar,” ujar Hendra Afriadi, Kabid Persampahan, DLHK Kota Pekanbaru, Kamis (29/07/2021).

Dijelaskan Hendra Afriadi, saat ini pihaknya tengah fokus melakukan sejumlah pembenahan dan perbaikan di TPA Muara Fajar.

“Ada sejumlah penanganan yang tengah kita lakukan. InsyaAllah kalau semua berjalan dengan lancar. Hilir pembuangan sampah di Kota Pekanbaru bisa tertata dengan baik,” bebernya.

Fokus penanganan TPA Muara Fajar ada beberapa tahapan yang kita kerjakan. Antara lain :

  • •Pembuatan Jalan Operasi di atas sel sampah
    •Perbaikan saluran lindi yang tersumbat
    •Pembentukan lereng sampah dekat bangunan penunjang
    •Penutupan tanah di atas lereng sampah yang terbentuk
    •Penanaman rumput di atas tanah penutup
    •Pemasangan Pipa Gas,
    •Meratakan Timbunan sampah yang sudah menggunung,
    •Pengerukan lumpur di bak anaerobik di IPL,
    •Perbaikan jembatan Timbang
    •Perbaikan pagar

Hendra menjelaskan, untuk Pembuatan Jalan Operasi di atas sel sampah, pihaknya saat ini membutuhkan dua model alat berat yakni Excavator dan Bulldozer.

“Excavator untuk memindahkan sampah dengan jarak paling pendek serta menggunakan lengannya untuk jarak yang panjang serta Buldozer untuk memindahkan dan meratakan sampah dengan jarak sekitar 20 m,” tuturnya menjelaskan.

Ia mengatakan saat ini pihaknya mulai mengatasi saluran lindi yang tersumbat agar alur distribusi sampah bisa berjalan dengan baik.

Selain itu, kata Hendra, pihaknya juga melakukan pembentukan lereng sampah dekat bangunan penunjang serta penutupan tanah di atas lereng sampah yang terbentuk, kemudian juga melakukan penanaman rumput di atas tanah penutup serta pemasangan pipa gas.

Selanjutnya pihaknya juga akan melakukan pemasangan pipa gas dan meratakan timbunan sampah yang menggunung.

“Setelah semua tertata dengan baik, DLHK Pekanbaru akan melakukan perbaikan jembatan timbang serta perbaikan pagar,” urainya.

Menurut Hendra, mekanisme penanganan sampah di TPA Muara Fajar akan lebih tertata lebih baik kalau tahapan-tahapan perbaikan bisa kita maksimalkan.

“InsyaAllah akan tertata lebih baik dan TPA Muara Fajar nantinya akan terkelola dengan sempurna,” harapnya.

Ia juga mengakui saat ini pihaknya juga butuh dukungan masyarakat Kota Pekanbaru agar pola penanganan sampah di TPA bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan Walikota Pekanbaru H Firdaus, ST, MT.

“Harapan kita seperti itu sehingga penanganan sampah di Hilir bisa tertata dengan baik dan bisa mengeliminir penumpukan seperti pola Sanitary Landfill,” sebut Hendra.

Disinggung terkait konsep Sanitary Landfill di daerah mana di Indonesia yang saat ini terbaik penanganannya, Hendra secara tegas mengatakan ada di Balikpapan atau tepatnya di TPA Mandar.

“Saat ini kita mengacu seperti halnya TPA Mandar,” katanya menambahkan.

Hendra berharap penanganan TPA Muara Fajar dengan pola Sanitary Landfill akan memperbesar peluang Kota Pekanbaru bakal mendapatkan Piala Adipura.

“Harapan DLHK Kota Pekanbaru di masa akhir kepemimpinan H Firdaus, ST,MT, Kota Pekanbaru mendapatkan adipura yang selama ini kita impikan,” jelasnya.**

 

Editor: Ismail

Comment