Lapas Bangkinang Berbagi, Ratusan Warga yang Terdampak Pademi Covid-19 Dapat Sembako

oleh -

BERSERIPOS.COM, Kampar – Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Bangkinang memberikan bantuan paket sembako kepada ratusan warga yang terdampak pandemi Covid-19, Kamis (29/7/2021).

Kegiatan bhakti sosial ini secara serentak dilakukan oleh seluruh UPT Permasyarakatan Lapas dan Rutan se Indonesia melalui Program “Kumham Peduli, Kumham Berbagi”.

Sebelum pembagian sembako dilakukan, seluruh jajaran Lapas Kelas IIA Bangkinang terlebih dahulu mendengarkan arahan dari Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham), Yasonna H Laoly yang dilakukan secara virtual.

Secara simbolis pemberian sembako bagi masyarakat dilakukan di aula Lapas Kelas IIA Bangkinang dengan menerapkan protokol Kesehatan.

Ada tiga orang perwakilan dari masyarakat yang menerima sembako secara simbolis.

Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno mengungkapkan bahwa pembagian ratusan paket sembako itu menyasar warga-warga yang membutuhkan dan yang terdampak pandemi covid-19.

Kegiatan yang dilakukan tersebut merupakan bentuk kepedulian pihak Lapas Bangkinang terhadap masyararakat yang membutuhkan.

“Ada 134 paket yang berikan pada pagi ini. Pembagian paket sembako ini dilakukan pada sejumlah lokasi. Yang pertama warga di sekitar kawasan Lapas Bangkinang dan Kecamatan Bangkinang Kota, dan dilanjutkan ke sejumlah Panti Asuhan yang ada di Bangkinang,” ujar Sutarno, saat diwawancara Berseripos.com, Kamis 29 Juli 2021.

Sutarno mengungkapkan bahwa bantuan yang diberikan berupa bahan-bahan seperti, Beras, Mie Instan, Gula, Kopi, Minyak, Sarden dan lainnya.

Bantuan yang diberikan itu sebelumnya sudah dipersiapkan terlebih dahulu, mengingat jumlah yang akan diberikan cukup banyak.

“Pembagian sudah didistribusikan pagi ini. Untuk pendistribusiannya kita dari pihak Lapas Bangkinang sendiri kita berikan langsung sesuai data yang sudah kita lakukan,” beber Sutarno.

Ia menilai pemberian sembako itu dikhususkan kepada orang-orang yang sudah dipandangnya berhak untuk menerima bantuan, sehingga program bhakti sosial dapat tepat sasaran sesuai dengan tujuan program Kemenkumam.

Menurutnya, program Kumham Peduli, Kumham Berbagi” ini merupakan salahsatu cara untuk dapat saling menolong bagi sesama dan dapat memberikan manfaat dengan niat yang tulus.

“Mudah mudahan ini dapat membantu masyarakat yang terdampak covid-19, semoga bantuan ini betul betul dapat dimanfaatkan dengan baik,” kata Sutarno memungkasi.

Sementara itu, Lia Herlena, salah seorang warga yang mendapat bantuan mengungkapkan rasa terimakasihnya kepada pihak Lapas Kelas IIA Bangkinang yang telah peduli terhadapnya.

Menurutnya, paket sembako yang diberikan sangat berguna bagi keluarganya.

“Terimakasih atas bantuannya, bantuan ini sangat kami perlukan pada masa pandemi covid-19,” tuturnya.** (Yudha)

Comment