Bekali Keahlian Narapidana, Lapas Bangkinang Gelar Palatihan Budidaya Ikan

oleh -

BERSERIPOS.COM, Kampar – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bangkinang terus memberikan berbagai keterampilan dan pelatihan kepada warga binaannya, Senin (2/8/2021).

Pelatihan diberikan untuk meningkat skill serta bekal apabila narapidana saat keluar nanti.

“Pelatihan tersebut merupakan bentuk program pembinaan yang mesti dilakukan oleh pihak Lapas Kelas IIA Bangkinang. Oleh karena itu kita menggelar pelatihan bagi warga binaan agar tepat sasaran, apalagi situasi pandemi yang berpengaruh pada perekonomian masyarakat. Selain palatihan kita juga bekali dangan modal usaha agar dapat manfaatkan pasca bebas nanti,” ujar Kalapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno, Senin 2 Agustus 2021.

Ia menjelaskan pelatihan yang diberikan merupakan pelatihan yang dapat dalam dilakukan dalam kehidupan sehari-hari yakni budidaya ikan.

Menurutnya, dalam pembudidayaan ikan dibutuhkan cara dan strategi pemasaran yang sangat tepat. Penggelolaan hingga berproduksi juga ada teorinya, oleh karena itu Dinas Perikanan juga mesti dilibatkan.

“Kita bekerjasama dengan Dinas Perikanan Kabupaten Kampar untuk memberikan bantuan berupa bibit ikan sebanyak 2000 ekor yang akan dibudidayakan oleh wargabinaan Lapas Bangkinang dan dikelola hingga bisa menghasilkan,” beber Sutarno.

Selain bantuan bibit ikan, kata Dia, Dinas Perikanan Kabupaten Kampar juga memberikan bantuan pakan ikan sebanyak 60 kg.

“Bantuan ini harapannya menjadi bekal kepada wargabinaan Lapas Bangkinang dalam mempraktekkan ilmu yang telah diberikan instruktur pelatihan budidaya ikan sebelumnya,” bebernya.

“Pelatihan kemandirian budidaya ikan ini dimaksud agar setelah bebas wargabinaan dapat bekerja diluar atau bahkan bisa mandiri menjadi pengusaha budidaya ikan dengan menerapkan ilmu yang telah diperoleh dari Lapas,”  tambahnya.

Sutarno juga menyampaikan rasa simpatinya terhadap Dinas Perikanan Kabupaten Kampar yang telah bekerjasama dengan pihaknya hingga saat ini.

Ia berharap hubungan tersebut dapat terus berlanjut dan berjalan dengan baik.

“Saya ucapan terimakasih kepada Dinas Perikanan Kabupaten Kampar atas kerjasama yang sudah terjalin selama ini dan semoga sinergitas yang telah terbangun dapat berlanjut,” ucapnya memungkasi.

Sementara itu, Kepala UPTD Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Perikanan Kampar, Bambang, berharap pemberikan bibit ikan ini dapat dimanfaatkan dengan baik.

“Kami dari Dinas Kabupaten Kampar siap mendukung dan menunjang segala bentuk kegiatan kemandirian, khususnya pelatihan budidaya ikan yang dibutuhkan oleh wargabinaan,” kata Bambang.** (Yudha)

Comment