Presiden Jokowi: Indonesia Terus Memperjuangkan Kesetaraan Vaksin Untuk Semua Bangsa

oleh -
Presiden Jokowi hadiri Sidang Tahunan MPR. ©2021 Merdeka.com/istimewa

BERSERIPOS.COM, Jakarta – Presiden Joko Widodo(Jokowi) mengungkapkan saat ini pemerintah terus bekerja keras di tengah pandemi Covid-19. Salah satunya mengerahkan sumber daya demi mengamankan pasokan kebutuhan vaksin nasional.

“Pemerintah bekerja keras mengerahkan sumber daya demi mengamankan pasokan kebutuhan vaksin nasional,” katanya saat memberikan pidato kenegaraan di Gedung DPR, Jakarta, Senin(16/8).

Tidak hanya itu, Indonesia juga saat ini terus memperjuangkan kesetaraan akses terhadap vaksin untuk semua bangsa. Sebab itu, dia mengungkapkan, perang melawan Covid-19 tidak akan berhasil jika tidak ada keadilan akses terhadap vaksin yang masih terjadi.

“Melalui diplomasi vaksin ini kita telah menunjukan kepada dunia, bahwa Indonesia berperan aktif untuk ‘ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial’,” bebernya.

Jokowi juga menjelaskan kapasitas respon seluruh pihak dalam menghadapi ketidakpastian di bidang kesehatan, hingga bidang lainnya semakin kokoh. Salah satunya layanan kesehatan, dia mengatakan, pemerintah maupun swasta telah alami peningkatan.

“Penyediaan layanan kesehatan oleh pemerintah maupun swasta juga mengalami peningkatan yang menggembirakan. Layanan kesehatan di banyak daerah bertambah cukup signifikan, naik dalam hal penambahan kapasitas tempat tidur, maupun fasilitas pendukungnya,” ungkapnya.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut pun terharu dan bangga dengan kerja keras para tenaga medis.

“Yang sangat mengharukan dan membanggakan adalah kerja sama dan kerja penuh pengabdian dari para dokter, perawat dan tenaga kesehatan lainnya,” tutup Jokowi.**

 

 

Merdeka.com

Comment