Konflik Lahan Tak Kunjung Usai, KNPI Kampar Minta Presiden Selesaikan Persoalan

oleh -

BERSERIPOS.COM, Kampar – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Kampar mengutuk keras tindakan yang diduga dilakukan oleh PT, Nusa Wana Raya (NWR) yang juga bagian dari perusahaan Riau Andalan Pulp And Paper (RAPP) Group terhadap Lahan masyarakat Desa Rantau Kasih, Kecamatan Kampar Kiri Hilir, Kabupaten Kampar, Riau.

Ketua DPD KNPI Kampar Abu Nazar, SH, beserta pengurus lainnya menilai bahwa adanya dugaan Kriminalisasi dan juga Intimidasi yang dilakukan oleh PT. NWR terhadap masyarakat terkait lahan masyarakat tersebut.

Dampak dari itu, masyarakat Rantau Kasih terutama kaum ibu – ibu mengungsi dilahan tersebut dengan membawa anak-anak mereka.

Aksi yang dilakukan atas dasar kekhawatiran aktivitas yang dilakukan oleh pihak perusahaan.

Pemerintah Kabupaten Kampar sebelumnya sempat melakukan mediasi antara Tokoh Masyarakat dengan pihak PT. NWR namun belum menemukan titik terang.

Dalam kesepakatan bersama di kantor Bupati Kampar, meminta agar dilakukannya Identifikasi dan Inventarisasi dilapangan secepatnya, namun PT. NWR melayangkan surat Penundaan untuk dilakukannya identifikasi dan inventarisasi tersebut.

DPD KNPI Kampar juga secara tegas meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau untuk berperan aktif menyelesaikan persoalan ini.

Pihaknya juga berharap agar Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo turut membantu mencari solusi agar konflik tersebut tidak berlarut larut.

“DPD KNPI Kampar juga sudah membentuk Tim kerja untuk melakukan investigasi dalam mencari fakta kebenaran terkait persoalan tersebut. Tim ini siap mendampingi pemerintah dan seluruh elemen terkait dalam menyelesaikan konflik ini, dan juga akan siap mengawal hingga ke Kementrian langsung,” kata Abu dalam keterangan tertulis yang diterima berseripos.com, Sabtu 21 Agustus 2021.

Sehubungan Dengan Dugaan Perampasan Lahan Perkebunan Masyarakat Desa Rantau Kasih Kecamatan Kampar kiri Hilir Kabupaten Kampar Riau oleh Diduga dilakukan PT NWR yang juga bagian dari PT RAPP, maka atas Hal ini DPD KNPI Kabupaten Kampar menyatakan Sikap dan meminta segera :

1. Hentikan Operasional PT NWR di Areal Desa Rantau Kasih yang telah diduga menyerobot LAHAN Perkebunan Masyarakat dan hentikan menanam pohon lain di wilayah yang sudah ditanami oleh tanaman perkebunan Warga Masyarakat.

2. Hentikan Operasional Perusahaan NWR di Areal Lahan masyarakat Rantau Kasih sampai adanya penyelesaian secara tetap.

3. Hentikan dugaan Kriminaliasasi dan Krimalisasi dan Intimidasi terhadap Masyarakat Rantau Kasih.

4. Meminta Pihak Kepolisian dan TNI untuk netral dalam hal ini.

5. Kembalikan Tanah Rakyat Rantau Kasih.

6. Bebaskan 8 Delapan Orang masyarakat Rantau Kasih yang telah dilaporkan oleh Pihak Perusahaan kepada Pihak kepolisian sehingga membuat masyarakat ketakutan.

7. Meminta Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar dan Provinsi Riau untuk berperan aktif menyelesaikan persoalan ini.

8. Meminta Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup Meninjau Ulang Area Operasi PT. NWR

9. Meminta Kementerian Investasi/BKPM Meninjau Ulang Perizinan PT. NWR untuk wilayah desa. Rantau Kasih Kecamatan Kampar Kiri Hilir Kabupaten Kampar RIAU.

10. Hentikan merusak tanaman yang sudah ditanam oleh masyarakat.

 

(Tarmizi)

Comment