Warga Binaan di Lapas Bangkinang Mulai Disuntik Vaksin

oleh -

BERSERIPOS.COM – Puluhan warga binaan di Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Bangkinang mendapat vaksinasi Covid-19, Selasa (31/8). Vaksinasi ini merupakan tahap awal yang dilakukan dengan melibatkan tim medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kampar.

Vaksinasi berlangsung dengan tetap menjalankan protokol kesehatan sangat ketat

Dari pantauan, satu persatu peserta mulai menjalani antrian pendaftaran dan menjalani skrining kesehatan.

“Vaksinasi ini kita lakukan secara bertahap. Untuk hari ini ada 30 orang warga binaan yang kita lakukan vaksinasi, untuk besok kita akan laksanakan juga dengan menargetkan 45 orang,” ujar Kalapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno saat dikonfirmasi berseripos.com, Selasa 31 Agustus 2021.

Dia mengatakan sebelumnya pihak Lapas Bangkinang sudah melakukan koordinasi dengan pihak Pemerintah Kabupaten Kampar melalui Dinas Kesehatan untuk dilakukannya vaksinasi terhadap seluruh warga binaan.

Sesuai dengan jumlah warga binaan pihak Lapas Bangkinang telah mengusulkan 1876 orang.

“Sesuai dengan jumlah penghuni kita usulkan. di Lapas sendiri ada sekitar 1876 orang, jadi memerlukan waktu yang tidak sebentar untuk penyelesaiannya,” kata Sutarno.

Sutarno juga mengungkapkan pihaknya juga sempat mengusulkan jumlah vaksinasi sekitar 1907, namun seiringnya berjalannya waktu jumlah itu semakin berkurang.

“Sebenarnya kita sudah bersurat sebanyak dua kali untuk mengusulkan sekitar 1907 orang. Angka itu berdasarkan jumlah penghuni warga binaan waktu dulu, namun seiringnya waktu berjalan jumlah penghuni semakin lama semakin berkurang, jadi kita usulkan 1876 orang,” katanya.

Dengan adanya vaksinasi ini, sambung Dia, pihaknya menyampaikan apresiasinya terhadap pemerintah daerah yang turut serta membantu kegiatan vaksinasi di lingkungan Lapas Bangkinang.

Ia berharap dengan dilakukanya vaksiasi ini dapat mencegah atau meminimalisir penyebaran covid 19 terhadap sesama warga binaan serta menciptakan Herd immunity di lingkungan Lapas Bangkinang.

“Ini bertujuan juga untuk melindungi diri dari penyebaran covid-19, jadi ini sangat bagus,” ungkap Sutarno.**  (Yudha)

Comment