Curah Hujan Tinggi, Manager PLTA Koto Panjang: Level Waduk Masih Aman

oleh -
Foto: Kondisi Waduk PLTA Koto Panjang pada Minggu Lalu, (dok_Cecep Sofhan Munawar)

Berseripos.com – Dengan meningkatnya curah hujan di wilayah Sumatera barat (Sumbar) – Riau, pihak pengelola PLTA Koto Panjang meminta masyarakat disepanjang aliran sungai Kampar agar selalu meningkatkan kewaspadaan.

Himbauan tersebut dikhususkan kepada masyarakat yang tinggal di bantaran aliran sungai Kampar, terutama yang beraktivitas di hilir sungai.

Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munawar, saat dikonfirmasi mengatakan bahwa pihaknya menghimbau agar masyarakat tetap selalu waspada mengingat curah hujan yang cukup tinggi.

“Masyarakat saya himbau agar selalu waspada, khususnya yang tinggal di bantaran aliran sungai kampar,” ujarnya saat dikonfirmasi Berseripos.com, Rabu 1 September 2021.

Ia menjelaskan dengan meningkatnya curah hujan yang cukup tinggi pihaknya terus melakukan monitoring, sebab saat ini debit air sudah mulai naik meski level waduk yang masih tergolong aman.

“Ada kenaikan tapi gak signifikan. Elevasi 79.49 mdpl, untuk pembukaan pintu spillway di 82.5 mdpl, terang Dia.

Cecep juga mengatakan bahwa saat ini pihaknya masih belum berencana untuk membuka pintu pelimpahan air waduk (spillway gate), sebab hingga saat ini debit air masih belum terlalu berpengaruh.** (Yudha)

Comment