Kajari Kampar dan Kasi Intel Ikuti Rakernis Bidang Intelijen Kejaksaan RI

oleh -

BERSERIPOS.COM – Kejaksaan Negeri Kampar mengikuti Rapat Kerja Teknis (Rakernis) Bidang Intelijen Kejaksaan Republik Indonesia (RI) tahun 2021 pada Rabu (22/9/2021).

Rapat itu langsung dibuka oleh Jaksa agung RI, Burhanuddin dengan mengangkat tema Intelijen Digital Kejaksaan Optimal.

Rakernis tersebut dilaksanakan secara virtual dan berlangsung selama dua hari, mulai Rabu, 22 September hingga Kamis, 23 September 2021.

Kepala Kejaksaan Negeri Kampar, Arif Budiman, didampingi oleh Kasi Intel, Silfanus Rotua Simanullang, dan Jaksa Fungsional Intel, Surya Ramadhany Harahap serta Staf Intelijen Hari Sihotang turut mengungkapkan bahwa pihaknya telah mengikuti serangkaian kegiatan Rakernis itu.

Hal itu sehubungan dengan peran intelijen sebagai penegak hukum serta mengetahui kendala atau hambatan seluruh Satker di daerah.

Menurut Kepala Kejari Kampar, Arief Budiman, Rakernis itu bertujuan untuk melakukan evaluasi atau capaian kinerja dibidang intelijen secara menyeluruh, baik itu ideologi politik ekonomi sosial dan budaya.

“Ini sekaligus untuk meningkatkan jati diri, kompetensi personil, dan peran intelijen di kejaksaan, khususnya di Kampar,” ujar Arif saat di konfirmasi Berseripos.com, Kamis 23 September 2021.

Selain itu, kata Arif, Rakernis yang digelar secara serentak itu sangatlah penting untuk diikuti, sebab disitu kita dapat menyusun rencana kerja strategis tahun yang akan datang.

“Itu juga bertujuan dalam rangka menyusun rencana kerja strategis tahun yang akan datang guna melaksanakan fungsi intelijen penegakan hukum,” ulasnya.

Sementara itu, Kasi Intel Kejari Kampar, Silfanus Rotua Simanullang mengatakan bahwa dalam hal ini jajaran Intelijen kejari kampar akan berupaya optimal, menindaklanjuti rekomendasi yang dihasilkan pada Rakernis Intelijen Tahun 2021.

Diketahui, Jaksa agung RI, Burhanuddin menjelaskan bahwa pada masa pandemi Covid-19 perlu menjadi perhatian segenap jajaran Intelijen Kejaksaan di seluruh daerah dalam kemampuan melakukan pendeteksian, analisa, dan pelaporan.

Selain itu, katanya, juga diharapkan dapat melakukan koordinasi dan evaluasi bersama dengan instansi intelijen lainnya atau Pemerintah Daerah di wilayahnya masing-masing.

“Hadirkan Kejaksaan yang berperan aktif membantu Pemerintah dalam mengendalikan pandemi ini,” sebut Burhanuddin dikutip dari Haluanriau.co.

Hadir secara virtual dalam acara tersebut Wakil Jaksa Agung RI, Setia Untung Arimuladi, Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Ketua Komisi Kejaksaan RI, Dr. Barita Simanjuntak, Para Pejabat Eselon II, Eselon III, dan Eselon IV pada Jaksa Agung Muda Intelijen, beserta Para Kepala Kejaksaan Tinggi, Asisten Intelijen, Kepala Kejaksaan Negeri, dan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri di seluruh Indonesia beserta jajarannya dari ruang kerja atau dari kantor masing-masing.** (YD)

Comment