Lapas Bangkinang Gelar Vaksinasi Tahap II, Sutarno: Kita Targetkan Seluruh Napi Dapat Divaksin

oleh -

BERSERIPOS.COM – Vaksin COVID-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan agar tidak tertular COVID-19 dengan cara menimbulkan menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh dengan pemberian vaksin.

Vaksinasi COVID-19 dengan dosis yang lengkap dan sesuai jadwal yang dianjurkan serta penerapan perilaku 5M adalah upaya perlindungan yang bisa kita lakukan agar terhindar dari penyakit COVID-19. Selain itu vaksinasi Covid-19 juga merupakan program yang difokuskan oleh Pemerintah Republik Indonesia ditahun 2021.

Untuk itu Lembaga Permasyarakatan Kelas IIA Bangkinang kembali melaksanaan vaksinasi yang sudah memasuki tahap kedua bagi wargabinaan. Hal itu dilakukan guna mendukung serta mempercepat program vaksinasi dari Pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Kampar, Kamis (7/10).

Kepala Lapas Kelas IIA Bangkinang, Sutarno mengungkapan bahwa pelaksanaan kegiatan vaksinasi yang berlangsung ini memang sudah dijadwalkan sesuai dengan prosedur.

Menurutnya, vaksinasi yang kedua kepada wargabinaan sebagai lanjutan dari vaksinasi pertama yang telah dilangsungkan sebelumnya. Pemberian vaksin ini diharapkan dapat menjadi herd immunity kepada wargabinaan, sehingga dapat mencegah terjadinya penularan Covid-19 dilingkungan Lapas

“Penyuntikan vaksin tahap II ini dilakukan bertujuan untuk memberikan kesempatan imun tubuh agar memproduksi lebih banyak antibodi dan memberi tubuh pasokan sel memori yang kuat terhadap suatu virus tertentu setelah terpapar. Sehingga diharapkan wargabinaan yang sudah mengikuti vaksin, kesehatannya dan kekebalan imun tubuhnya menjadi kuat dan tidak mudah kembali terpapar virus,” ujarnya.

Sutarno mengatakan bahwa pihaknya akan berencana untuk melakukan vaksinasi bagi seluruh wargabinaan yang ada di Lapas Bangkiang.

Target itu merupakan bentuk dukungan pihaknya terhadap pemerintah dalam program vaksinasi.

“Kegiatan ini kita targetkan sampai seluruh wargabinaan yang berjumlah 1.741 orang tervaksinasi seluruhnya,” bebernya.

Dirinya juga menerangkan bahwa vaksinasi merupakan salah satu fasilitas layanan kesehatan yang wajib diberikan kepada wargabinaan sebagai upaya menjaga dan memastikan wargabinaan aman dari penularan Virus Covid-19.

“Vaksinasi akan kita lakukan bertahap kepada seluruh wargabinaan mengingat masih terbatasnya ketersediaan vaksin di Kabupaten Kampar, namun kita selalu berkoordinasi kepada Dinas Kesehatan untuk pemberian vaksinasi kepada wargabinaan yang belum memperoleh vaksinasi,” papar Sutarno.** (Yudha)

Comment