5 Faktor Penyebab Nyeri Punggung yang Sering Terjadi

oleh -

BERSERIPOS.COM – Tidak sedikit orang pasti pernah mengalami nyeri punggung hingga mengganggu aktivitas. Kondisi ini bisa disebabkan karena beberapa faktor penyebab mulai dari duduk terlalu lama hingga karena kecacatan di tulang belakang.

Kondisi nyeri pinggang yang parah membuat penderitanya merasa sakit pada otot punggung dengan sensasi seperti terbakar, tertusuk atau terbakar. Tidak hanya nyeri di area punggung, rasa sakit tersebut juga dapat menyebar hingga kaki.

Selain itu, rasa nyeri tersebut juga dapat semakin terasa ketika sedang membungkuk, mengangkat, memutar, berdiri atau berjalan. Jika dibiarkan terjadi, nyeri punggung dapat menyebabkan masalah masalah usus atau kandung kemih.

Kondisi ini akan disertai dengan demam dalam waktu yang lama. Tidak hanya itu, nyeri punggung yang parah juga dapat memicu terjadinya cedera pada bagian tubuh lainnya, jika tidak diatasi.

Berikut ini beberapa faktor yang menyebabkan seseorang mengalami nyeri punggung, seperti dilansir dari laman mayoclinic.com.

Faktor Usia

Penyebab Nyeri punggung

Seseorang yang memiliki usia lanjut lebih rentan mengalami sakit punggung. Biasanya hal ini terjadi pada mereka yang berusia antara 30 hingga 40 tahun.

Sebab, pada usia itu kinerja organ tubuh dan otot akan menurun sehingga dapat menyebabkan punggung sakit.

Kurang Olahraga

Mereka yang jarang olahraga akan lebih rentang mengalami sakit punggung. Hal ini disebabkan karena otot menjadi kaku dan tubuh kurang sehat dan bugar saat menjalani aktivitas.

Mereka yang jarang olahraga akan lebih rentang mengalami sakit punggung. Hal ini disebabkan karena otot menjadi kaku dan tubuh kurang sehat dan bugar saat menjalani aktivitas.

Obesitas

Orang yang memiliki kelebihan berat badan akan lebih mudah mengalami sakit punggung.

Hal ini disebabkan karena tubuh yang kelebihan berat badan akan memberi tekanan ekstra pada punggung. Lantaran hal itu punggung akan terasa sakit karena tekanan tersebut.

Faktor Penyakit

Penyebab Nyeri punggung

Faktor penyakit seperti beberapa jenis radang sendi dan kanker juga dapat menyebabkan nyeri punggung. Kondisi ini membuat seseorang sakit pada punggung karena kondisi dan kinerja tubuh yang menurun.

Kondisi Psikologis

Penyebab Nyeri punggung

Orang yang depresi dan kecemasan juga memiliki risiko tinggi sakit pada area punggung. Ditambah lagi, jika mereka memiliki kebiasaan merokok.

Sebab, merokok dapat menurunkan aliran darah ke tulang belakang. Selain itu, juga bisa meningkatkan risiko osteoporosis.**

 

 

 

 

 

 

 

Langgam.id

 

Comment