Polisi Tangkap Pelaku dan Amankan 16 Jerigen Berisikan BBM Jenis Solar Subsidi di Tandun Rohul

oleh -

BERSERIPOS.COM – Kasat Reskrim Polres Rokan Hulu (Rohul) AKP  Rainly L SIK, bersama Kapolsek Tandun AKP Sodarman Sinaga SH, memimpin Personil Polres Rohul melakukan kegiatan pengungkapan Tindak Pidana di Bidang Minyak dan Gas Bumi, Senin (18/10/2021) sektar pukul 09.30 Wib.

Kegiatan tersebut dilaksanakan, di Jalan Raya KM 8 Desa Tandun Barat, Kecamatan Tandun Kabupaten Rohul, dengan Pelaku SS, warga  RT 007 RW 004 Desa Tandun Barat dan W alias Oji Warga RT 001 RW 002 Desa Bono Tapung.

“Pengamanan tersebut merupakan perkara penyalahgunaan pengangkutan atau niaga Bahan Bakar Minyak (BBM) yang disubsidi Pemerintah jenis Solar,” kata Kapolres Rohul AKBP Eko Wimpiyanto Hardjito SIK melalui Paur Humas AIPDA Mardiono P SH, Jumat (21/10/2021).

Mardino mengungkapkan, pengungkapan perkara itu berawal Senin 18 Oktober 2021 sekitar pukul 09.30 Wib, saat itu Kapolsek Tandun AKP Sodarman Sinaga SH mendapat Info dari warga terkait adanya Warga yang memindahkan BBM jenis Solar dari Mobil Cold Diesel ke Jerigen di Depan warung Sadra.

“Mendapat Informasi tersebut, Kapolsek AKP Sodarman Sinaga SH, memerintahkan Personil Polsek Tandun mengecek kebenaran informasi tersebut. Kemudian Personil Polsek Tandun menuju tempat yang dimaksud dan ditemukan adanya warga bernama W yang sedang menyedot atau memindahkan BBM jenis Solar dari Tangki Mobil Cold Diesel ke Jerigen dengan menggunakan Selang,” kata Mardino menjelaskan.

Mardiono membeberkan bahwa pihak Polsek sudah mengambil keterangan dari saudara W. Saat diintrogasi W mengaku hanya ingin membantu pemilik mobil Khirul yang ingin menjual minyak solar kepada S.

Usai mendapat informasi, Kata Mardiono, Personil Polsek Tandun melakukan pengecekan terhadap isi warung milik

‘Saat itu, ditemukan 16 Jerigen didalam warung milik Sadra berisikan minyak Solar yang siap untuk dijual kembali. S, KA dan W langsung diamankan untuk dimintai keterangan lebih lanjut serta membawa barang bukti ke Polsek Tandun,” ungkap Paur Humas.

Mardino juga menjelaskan bahwa kapolsek Tandun sudah berkordinasi dengan Kasat Reskrim Polres Rohul terkait penanganan kasus tersebut.

Tiga orang yang diduga menyalahgunakan BBM Subsidi dibawa ke Polres berserta sejumlah barang buktinya.

“Satu Unit KBM Mitsubishi Cold Diesel BM 8319 MD serta Jerigen sebanyak 16 Jerigen yang berisi BBM jenis Solar dibawa ke Polres Rohul, guna proses lebih lanjut,” jelasnya.

“Kepada Pelaku disangkakan dengan Pasal 55 Undang-Undang RI Nomor 22 tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas Bumi sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang RI Nomor 22 tahun 2001 Tentang Cipta Kerja,” kata Mardiono.***

Comment