KPK Masih Selidiki Pembangunan Toilet yang Menghabiskan Anggaran Rp96,8 Miliar

oleh -

BERSERIPOS.COM – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah mengantongi keterangan dari sejumlah pihak serta data-data pendukung terkait pembangunan toilet sekolah sebesar Rp96,8 miliar di Bekasi, Jawa Barat. Pembangunan toilet miliaran rupiah tersebut diketahui sedang diselidiki KPK.

“Terkait toilet Bekasi, sudah ada beberapa pihak yang dipanggil untuk diklarifikasi. sudah ada beberapa mungkin petugasnya sudah melakukan pengumpulan data, informasi, termasuk dokumen,” kata Direktur Penyidikan (Dirdik) KPK, Setyo Budiyanto saat dikonfirmasi, Jumat (5/11/2021).

Setyo masih enggan membeberkan secara detail soal hasil permintaan keterangan sejumlah pihak terkait pembangunan toilet sekolah miliaran rupiah di Bekasi tersebut. Sebab, kata Setyo, dugaan korupsi pembangunan toilet sekolah ini masih dalam proses penyelidikan.

“Detailnya tidak akan kami sampaikan karena tahapannya masih di penyelidikan. Nanti kalau tiba waktunya, apakah prosesnya memenuhi kecukupan bukti, nanti disampaikan,” tuturnya.

Sekadar informasi, KPK saat ini sedang menyelidiki pembangunan toilet sekolah di Bekasi yang menghabiskan anggaran hingga miliar rupiah. Saat ini, KPK masih terus mengumpulkan bahan dan keterangan dari sejumlah pihak terkait proyek pembangunan toilet ini.

Penyelidikan ini berawal dari adanya laporan masyarakat yang masuk ke KPK pada awal Januari 2021. Laporan tersebut kemudian ditelaah dan diverifikasi oleh bagian Pengaduan Masyarakat (Dumas) KPK.

Sepanjang laporan tersebut memenuhi bukti dan data yang cukup, KPK dipastikan bakal menindaklanjutinya. Setelah dilakukan proses verifikasi, laporan tersebut kemudian ditingkatkan ke tahap penyelidikan. Di tahap penyelidikan, tim kembali mengumpulkan keterangan dan bukti-bukti.

Dari informasi yang dihimpun, Pemerintah Kabupaten Bekasi menganggarkan Rp96,8 miliar untuk pembangunan 488 toilet di sejumlah institusi pendidikan. Hal itu dilakukan sebagai upaya mempertahankan predikat Kabupaten Sehat melalui program mewujudkan daerah yang bersih, aman, nyaman dan sehat menuju Indonesia Sehat.

Salah satu sekolah yang mendapat proyek tersebut yakni SDN 04 Mangunjaya, Kecamatan Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Anggaran pembangunan toiletnya mencapai Rp196.848.000 untuk pembangunan tiga unit toilet dengan luas bangunan 2,7 x 2,6 meter. Dua toilet dilengkapi dengan kloset jongkok dan satu keran air.**

 

 

 

 

 

 

 

Inews.id

Comment