Ratusan Napi Lapas Bangkinang Jalani Vaksinasi, Kalapas: Kita Targetkan Seluruh Napi Dapat Divaksin

oleh -

BERSERIPOS.COM – Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas lIA Bangkinang kembali menjadwalkan vaksinasi Coronavirus Disease bagi wargabinaan, Senin (15/11/).

Vaksinasi ini merupakan agenda yang diberikan secara bertahap untuk seluruh narapidana di Lapas Bangkinang.

“Hari ini ada 800 narapidana yang ditargetkan untuk dilakukan vaksinasi, kita bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan dan Puskesmmas Bangkinang kota. Vaksin yang digunakan dengan jenis Pfizer,” ujar Kalapas Bangkinang, Sutarno, saat konfirmasi berseripos.com, Senin (15/11).

Menurutnya, penyuntikan vaksin ini dilakukan bertujuan untuk memberikan kesempatan imun tubuh agar memproduksi lebih banyak antibodi dan memberi tubuh pasokan sel memori yang kuat terhadap suatu virus tertentu setelah terpapar. Sehingga diharapkan Pegawai yang sudah mengikuti vaksin, kesehatannya dan kekebalan imun tubuhnya menjadi kuat dan tidak mudah kembali terpapar virus.

“Vaksinasi ini juga salah satu cara mencegah penyebaran virus covid-19 khususnya di lingkungan Lapas Bangkinang, agar terhindar dari virus yang mewabah saat ini,” jelas Sutarno.

Sutarno mengatakan bahwa vaksinasi ini dilakukan sebagai salahsatu program pemerintah yang mesti didukung.

Dengan dilakukannya vaksinasi ini, pihak Lapas dapat turut berpatisipasi dalam menekan penyebaran virus corona.

“Ini bentuk dukungan kita terhadap pemerintah dalam menekan angka penyebaran virus corona sekaligus bermanfaat untuk memberi perlindungan agar tidak tertular COVID-19 dengan cara menimbulkan menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh dengan pemberian vaksin,” beber Sutarno.

Sebelumnya, pihak Lapas Bangkinang juga telah melakukan vaksinasi pada ratusan wargabinaan.

Vaksinasi dengan dosis lengkap juga telah diberikan sesuai dengan prosedur.

Pihak Lapas Bangkinang juga menargetkan vaksinasi dapat diberikan bagi seluruh wargabinaan, namun dengan keterbatasan yang ada, vaksinasi dilakukan secara bertahap.** (YD)

Comment