Fadila Saputra: Menggerakkan UMKM Dapat Bantu Pulihkan Perekonomian Pada Masa Pandemi

oleh -

BERSERIPOS.COM – Sekretaris Aliansi Pedagang Pekanbaru (APP), Fadila Saputra mengatakan bahwa pihaknya berkomitmen untuk terus menggerakkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam pemulihan ekonomi Kota Pekanbaru pada saat ini.

Menurut Dia, dalam membangun perekonomian pada masa pandemi saat ini dibutuhkan semangat atau dorongan dalam menggerakkan UMKM.

“Kita brkomitmen untuk membangkitkan Semangat UMKM Kota Pekanbaru dalam pemulihan ekonomi disaat pandemi Covid 19 melanda seluruh negeri,” ujar Fadila Saputra dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi, 26 Desember 2021

Ia mengatakan, dalam menghadapi kondisi pandemi ini para pelaku UMKM diharapkan agar tetap konsisten dan semangat dalam menjalankan usaha, walaupun pandemi berdampak langsung kepada gairah perekonomian masyarakat.

“Kita bisa melihat Akibat pandemi COVID-19 terjadi penurunan daya beli sehingga UMKM menjadi terdampak. Padahal UMKM merupakan pendorong utama ekonomi,” ucapnya.

Pria yang akrab dipanggi Fadil juga berpendapat, salah satu cara perbaikan perekonomian di Kota Pekanbaru juga bergantung sektor UMKM, sebab hal itu juga berpengaruh pada Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Sumbangan UMKM terhadap perekonomian dan PAD di Kota Pekanbaru sangat besar. Itu juga mampu untuk membangkitkan gairah perekonomian pada masa pendemi saat ini,” katanya.

Di era serba digital ini, kata Fadil, para pelaku UMKM hendaklah mencari cara agar usaha dan daya jual beli dapat meningkat.

Memanfaatkan teknologi juga dapat dilakukan sebagai langkah untuk dapat meningkatkan pendapatan.

“UMKM saat ini harus berani berinovasi dan terus berproduktif agar dapat ambil bagian dalam menggerakkan ekonomi Pekanbaru. Mencari cara baru untuk meningkatkan pendapatan antara lain juga bisa memanfaatkan teknologi dengan penjualan daring atau secara online,” paparnya.** (Ismail).

Comment